Di abad sekarang ini, internet sudah menjadi suatu yang sangat dibutuhkan. Dampak internet terhadap kehidupan semakin terasa dengan kemunculan layanan media sosial. Para entrepreneur pun terkena dampaknya. Pola komunikasi manusia yang berubah menjadikan pengusaha harus melakukan penyesuaian cara berkomunikasi mereka dengan mitra bisnis atau pelanggan agar perusahaannya lebih dikenal, dan produk atau jasanya bisa diketahui sebanyak mungkin orang. Ikut terjun dalam media sosial bagi pebisnis adalah mutlak diperlukan agar tidak tertinggal dari kemajuan jaman.
Arti Media sosial bagi usaha kecil dan menengah
Studi tahunan oleh Local Search Usage Study: Bridging the Caps, from Search to Sales yang meliputi sebuah survei online yang melibatkan sekitar 4000 orang konsumen, ditambah data dari pengamatan terhadap satu juta konsumen yang setuju untuk diamati kegiatan online-nya secara anonim, menunjukkan sepertiga pengguna internet merasa putus asa saat mereka menemukan informasi mengenai usaha kecil dan menengah melaui internet. Hal ini diperparah dengan informasi yang tidak sebenarnya yang bisa menyesatkan atau membingungkan.
Hasil studi lain memberikan sebuah kesimpulan bahwa 7 dari 10 orang konsumen lebih memilih membeli produk dari usaha kecil dan menengah jika usaha tersebut memiliki informasi yang tepat di media sosial.
Hampir 4 dari 5 (78 %) pengguna media sosial menginginkan informasi mengenai produk, dan 72% menginginkan informasi mengenai perusahaan itu sendiri. 2/3 responden menyatakan mereka ingin melihat foto-foto yang dipublikasikan.
Menyediakan Informasi secara online itu penting.
Banyak orang menggunakan internet dengan harapan menemukan informasi yang faktual dan terpercaya. Untuk itulah pemilik usaha kecil dan menengah harus membuat informasi yang benar dan lebih detail lagi mengenai informasi apa saja yang perlu diketahui oleh calon pelanggannya.
Berita yang menggembirakan adalah para pengguna media sosial ternyata 67% lebih berpeluang membeli produk diinternet jika dibandingkan dengan mereka yang bukan pengguna aktif media sosial.
Semakin banyak penduduk Indonesia menggunakan internet.
Indonesia Internet Survey 2013 yang dibesut oleh Merketeers bersama MarkPlus Insight menyimpulkan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 74 juta orang atau 28 persen. Ditahun 2015 nanti, jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan melewati 100 juta orang. Sebagian besar menghabiskan waktunya lebih dari tiga jam setiap hari yang disebut Netizen asli.
Riset yang sama menunjukkan bahwa hampir separuh dari Netizen di Indonesia merupakan pengguna internet muda berusia di bawah 30 tahun, sedangkan 16 persen adalah para Netizen berusia di atas 45 tahun. Selain itu hampir 95 persen dari Netizen merupakan pengguna internet melalui perangkat mobile seperti ponsel pintar.
Berdasarkan temuan diatas, diharapkan pebisnis ataupun pengusaha kecil dan menengah, baik yang bergerak dalam program afiliasi, toko online, internet marketer, dan lain-lain dapat menyusun strateginya kembali dalam mengembangkan bisnisnya melalui media internet.
Referensi :
- REPUBLIKA.CO.ID,
- Berbagai sumber berita