Pen KameraVideo KameraJam Kamera

enjoy

Krishna Zulkarnaen, Chief Marketing Google Indonesia, banyak bercerita tentang resep sukses Google. Dari sebuah startup kecil di sebuah garasi, hingga memiliki 129 kantor perwakilan di 57 negara dengan 41 ribu karyawan, termasuk di Indonesia.

Google punya filosofi nyeleneh untuk bisa sukses. Karyawannya tak boleh bekerja terlalu serius dan dilarang takut mengalami kegagalan. Tapi apapun itu, semua orang tahu Google adalah salah satu perusahaan paling sukses di muka bumi untuk saat ini.


Semua orang pernah gagal. Namun bukan berarti kegagalan itu adalah sesuatu yang memalukan. Dari kegagalan kita bisa belajar menghargai kesuksesan.

Failure is important! Google sukses karena sering gagal. Banyak produk Google yang gagal total di pasaran. Google Video Player, Google Answers, Google Buzz, dan masih banyak lagi. Google belajar dari kegagalan.

Google Play Video misalnya, produk ini mulanya diciptakan untuk menyaingi YouTube yang saat itu belum dibeli Google. Namun karena kurang bagus fiturnya, dan sudah jauh tertinggal oleh YouTube, akhirnya Google Play Video dimatikan. Namun dari sejumlah produk lainnya, banyak juga yang akhirnya sukses.

"So, what makes Google, Google?" Ada sejumlah perkara lain yang setidaknya jadi panduan wajib bagi karyawan Google:
  • Pertama, dedikasikan waktu untuk diri sendiri. Karyawan Google diberikan waktu luang untuk mencari tahu apa yang menjadi gairah atau semangat mereka.
  • Kedua, jangan takut dengan sesuatu yang baru. Tapi kalau gagal, pelajari dan cepatmove on. Tak usah sedih-sedih. Perbaiki. Dalam 90 hari ada lebih dari 100 fitur baru Google. Ada yang gagal, ada yang sukses. Tak mengapa, yang penting sudah dicoba.
  • Ketigaput users first. Kenapa home page google putih polos begitu saja? karena userlagi cari informasi, kami berusaha menghubungkan user dengan informasi yang mereka cari secepat mungkin. Yang lain mungkin suka berlama-lama di home page, tapi Google tidak.
  • Dan terakhir, kata Khrisna, jangan serius-serius amat. "Kami Google, bukan serious flat company. We're fun company. Teknologi tak harus serius. Motto kami, do cool things that matter. Tak banyak birokrasi. Going to work is fun, dengan kondisi seperti itu, kreativitas muncul," pungkasnya.
Selain itu, ada satu lagi filosofi yang selalu dijunjung tinggi di setiap kantor Google, makanan gratis. Bukan tanpa alasan makanan maupun minuman selalu tersedia cuma-cuma di kantor Google. "Kenapa kasih makan gratis? Kalau orang masih harus mikirin perut, bagaimana kita mau mereka berpikir jauh secara inovatif dan bebas. Kami bukan pabrik dan modal kami hanya manusia, ya manusianya itu yang harus dimanusiakan.

Dikutip dari detik.com 28/11/2013

Mudaha-mudahan kutipan diatas dapat menjadi inspirasi kita sebagai pengusaha kecil yang bekerja secara online, baik itu melalui bisnis onlineprogram afiliasi maupun lainnya.